Tutorial Perekaman SPM BLU

Posted: 1 April 2011 in Komputer
Tag:, ,

Dalam rangka pelaksanaan anggaran Tahun 2011, yang telah memasuki triwulan II, dan untuk memperlancar/mempercepat kegiatan di setiap fakultas/unit, Sub Bagian Monitoring Bagian Keuangan telah memberikan bantuan dalam menginstalasi Aplikasi SPM 2011 dan bimbingan dalam merekam SPM bagi fakultas/unit di lingkungan Universitas Andalas.

Sampai saat tulisan ini dibuat, aplikasi SPM 2011 yang telah diupdate dengan file update terbaru masih belum bisa merekam SPM dengan sumber dana BLU secara normal, sehingga penulis merasa perlu membuat tutorial cara perekaman SPM BLU.  Dengan adanya tutorial ini diharapkan dapat membantu permasalahan operator SPM yang masih terkendala mengenai perekaman SPM BLU.

Aplikasi SPM 2011

Dalam tutorial ini diasumsikan bahwa Aplikasi telah terinstal dan siap dijalankan, kira-kira tampilan SPM yang telah diinstal dengan update terbaru(versi 11.4.2) dan update Referensi Tanggal 31 Maret 2011, kalau belum sama, silakan update terlebih dahulu.

Perekaman SPM BLU

Cara perekaman SPM pada aplikasi SPM 2011 secara umum hampir sama dengan proses perekaman SPM pada Aplikasi SPM 2010, hanya saja pada saat merekam SPM dengan sumber dana BLU, ada dua buah menu/kotak isian yang tidak aktif sehingga perekaman SPM menjadi bermasalah.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan cara berikut:

  1. Pastikan pada PAGU terdapat anggaran yang berasal dari sumber dana RMP (Rupiah Murni Pendamping), kalau tidak ada rekam baru lewat Menu PAGU>Edit.
  2. Pada saat merekam SPM, selalu bebankan terlebih dahulu pada RMP (C/Local Cost).
  3. Ini dilakukan untuk mengaktifkan kotak isian Jenis Bantuan dan Sumber Dana. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.

  4. Setelah itu bisa langsung mengubah bebannya menjadi BLU (F).
  5. Selanjutnya ubah kode sumber dana menjadi 06 (BLU).
  6. Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah.

  7. Lanjutkan proses perekaman SPM seperti biasa.

Dengan demikian selesailah Tutorial Perekaman SPM BLU. Selamat Bekerja.

Tinggalkan komentar